Denim Soaking

Seperti kita semua tau, semua jenis denim akan menyusut ketika dicuci. Apa lagi kalau kamu beli unsanforized denim, denim ini akan menyusut dengan jumlah yang lumayan besar, sekitar 5%-10%. Nah, itu jadi alasan kenapa kalau kamu beli denim jenis ini, kamu disarankan untuk up-size 1-2 size diatas size kamu sebenarnya. Selain itu, kamu juga akan disarankan untuk melakukan proses soaking terlebih dahulu.

Proses soaking adalah proses menyusutkan denim dengan cara merendamnya di dalam air. Proses soaking pada umumnya dilakukan dengan merendam denim menggunakan  air dingin atau air hangat. Beberapa denim-head bahkan melakukan proses soaking dengan memakainya sambil berendam di bathtub. Kenapa harus sambil dipakai? Tujuannya adalah agar penyusutan denim lebih fit dengan ukuran kamu. Selain itu kalau kamu melakukan proses soaking sambil memakainya, cara ini juga akan memaksimalkan proses fading yang terjadi beberapa bulan kedepan saat kamu rutin memakainya.

Suhu air pada saat kamu melakukan proses soaking akan sangat berpengaruh terhadap besarnya penyusutan yang akan terjadi. Semakin hangat suhu air maka penyusutan akan semakin besar hingga angka 10%, air hangat juga akan membuat indigo lebih banyak terlepas dan akhirnya akan membuat fading effect lebih jelas.

Sedangkan jika kamu lebih memilih melakukan proses soaking menggunakan air dingin, penyusutan yang terjadi semakin sedikit, sekitar 5% saja. Fading effect yang nantinya akan muncul pun akan terkesan lebih samar.

Well, semua tergantung selera kamu sebagai denim-head, Bro. Ada yang suka hasil fadingnya lebih tegas ada juga yang lebih suka hasil fadingnya lebih malu-malu. Ada juga denim head yang butuh penyusutan yang lebih maksimal ada juga yang cuma butuh sedikit aja penyusutan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *